cara membuat keripik pisang

Cara membuat keripik pisang yang enak dan renyah ditentukan oleh pemilihan bahan baku dan cara mengiris. Penambahan bumbu dapur seperti garam akan menghasilkan keripik pisang terasa gurih sedangkan penambahan sedikit kunyit akan menghasilkan keripik yang menarik dengan warna semu kuning.

cara membuat keripik pisang
Pisang yang akan digunakan untuk membuat keripik pisang yang enak adalah menggunakan pisang yang masih hijau dan masih agak keras dengan ukuran cukup besar. Pisang-pisang tersebut dikupas kulitnya dengan menggunakan pisau yang tajam. Mengupas pisang mentah juga akan meninggalkan getah yang sangat lengket di tangan. Getah kulit pisang ini akan meninggalkan noda hitam jika terkena pakaian dan sulit hilang.

Setelah dikupas, pisang diiris menggunakan alat khusus agar menghasilkan hasil irisan yang tipis. Irisan pisang yang tipis akan menghasilkan keripik pisang yang renyah. Keripik pisang mentah ini kemudian direndam sebentar dalam air garam dan sedikit kunyit jika disukai kemudian digoreng. Setelah selesai digoreng kemudian keripik pisang ditiriskan lalu ditaburkan sedikit gula pasir yang sudah dihaluskan. Hasilnya adalah keripik pisang yang gurih dan sedikit manis.

Cara membuat keripik pisang sepertinya mudah tetapi kesulitan utama adalah bahan baku. Keripik pisang yang enak menggunakan jenis pisang nangka tetapi pisang nangka harganya cukup mahal di pasaran karena pisang nangka banyak digunakan untuk aneka olahan makanan seperti kolak, pisang goreng, pisang molen dan aneka kue.