cara membuat keripik singkong

Cara membuat keripik singkong yang enak dan renyah ditentukan oleh beberapa hal. Untuk menghasilkan keripik singkong yang renyah kita harus mengetahui jenis-jenis singkong. Singkong untuk direbus berbeda dengan singkong untuk membuat tape dan  membuat keripik.

cara membuat keripik singkong enak dan renyah
Singkong untuk membuat keripik menggunakan singkong khusus yang dipanen pada usia 3 bulan sehingga keripik singkong terasa renyah dan berwarna cerah. Singkong yang dipanen lewat dari usia 3 bulan maka ketika digoreng akan terasa keras dan setelah digoreng pada bagian tepinya terlihat warna coklat tua atau kehitaman. 

Cara mengiris singkong juga mempengaruhi tingkat kerenyahan keripik. Untuk mengiris keripik memerlukan alat pengiris khusus yang menggunakan pisau yang sangat tajam. Saat mengiris keripik harus menggunakan sarung tangan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Cara menggoreng keripik juga memerlukan teknik sendiri. Keripik harus digoreng sedikit dalam minyak yang sangat banyak menggunakan api sedang. Saat menggoreng keripik juga cukup merepotkan karena setiap singkong yang sudah diiris harus dipisahkan satu persatu agar tidak melekat saat digoreng. Irisan keripik singkong yang mentah akan saling melekat karena singkong memiliki kandungan zat perekat.