jajanan tradisional

Jajanan tradisional merupakan kudapan yang sehat dan bisa dinikmati semua usia. Beberapa dari anda mungkin masih ingat beberapa jajanan tradisional seperti kue pancong, onde-onde, carabikang, kue lumpur, kue talam, noga dan seterusnya. 

Sebagian besar jajanan tradisional masih bisa dinikmati sampai sekarang dan masih banyak dijual sampai ke pusat-pusat perbelanjaan yang sudah tidak tradisional lagi. Beberapa jenis jajanan tradisional dimodifikasi agar dapat bersaing dengan aneka kue non tradisional. Contohnya serabi sekarang memiliki aneka toping ayam, oncom, sosis, telur dengan saus mayonaisse, saus durian. Ada juga kue pukis yang topingnya diberi mesis dan kismis. 

Jajanan tradisional bukan hanya sebatas kue basah tetapi juga aneka makanan ringan seperti keripik dan kerupuk. Beberapa jenis keripik yang termasuk jajanan tradisional yaitu keripik sanjay, opak ketan, keripik simping, keripik singkong, keripik pisang, dan masih banyak lagi aneka makanan tradisional lainnya. Beberapa keripik malah dibuat dari umbi gadung yang beracun yaitu keripik gadung. Gadung adalah sejenis umbi berwarna putih. Cara pengolahan yang benar akan membuang racun dari dalam umbi gadung dan membuat keripik gadung menjadi makanan yang lezat dengan rasa seperti kentang.