makanan kecil khas daerah

Setiap daerah memiliki makanan kecil khas daerah diantaranya keripik singkong, keripik pisang, semprong, noga, dan lain-lain. Makanan kecil khas daerah biasanya karena salah satu bahan baku yang berlimpah. Contohnya emping ceplis di Serang Jawa Barat karena daerah Pelabuhan (Labuhan) tepi pantai merupakan penghasil emping terbaik. Bahan baku melinjo yang berlimpah atau mudah di dapat sehingga melinjo tidak hanya dibuat emping tapi juga dibuat ceplis. Ceplis adalah emping yang lebih tebal dengan diameter lebih kecil dan rasanya yang manis karena dilumuri gula merah. Cara membuat emping yaitu melinjo yang kulit luarnya sudah berwarna merah kemudian dikupas lalu disangrai bersama dengan kulit dalam yang keras sampai panas. Saat panas-panas kemudian digeprek lalu bagian dalam yang lunak dan berwarna putih digilas melingkar sampai membentuk emping. Cara menggilasnya menggunakan batu seperti ulekan. 

Salah satu makanan kecil khas daerah lainnya adalah rangginang. Rangginang ini terbuat beras ketan yang dimasak, dicetak lalu dijemur. Ranya renyah dan gurih. Rasa rangginang yang original hanya menggunakan sedikit garam tanpa campuran bahan lainnya, sedangkan rasa rangginang yang gurih diperoleh dari olesan terasi yang sudah dicampur air sebelum rangginang dijemur. 

Aneka makanan ringan ini bebas pengawet atau bahan kimia berbahaya karena merupakan makanan kering yang dibuat dengan cara tradisional turun temurun. Indonesia memiliki banyak sekali makanan kecil khas daerah yang aman dikonsumsi oleh anak-anak maupun dewasa.