simping makanan khas jawa barat

Simping adalah makanan khas Jawa Barat di kota Purwakarta. Simping terbuat dari tepung tapioka berbentuk lembaran tipis setebal 2-3 milimeter dengan dengan diameter sekitar 10 centimeter. Simping adalah salah satu jenis keripik yang cara pembuatannya dengan cara tradisional dimana adonan simping dituang satu persatu ke dalam cetakan yang terbuat dari besi dan dipanggang selama beberapa menit. 

makanan khas jawa barat
Cara memanggang simping memerlukan pengalaman untuk menentukan apakah simping sudah cukup matang atau belum. Simping yang terlalu lama dipanggang akan menyebabkan simping yang berwarna cerah terlihat semu coklat oleh gosong sehingga kurang menarik. Simping yang terlalu cepat diangkat saat memanggang juga akan menyebabkan simping kurang renyah dan daya tahan lebih pendek terhadap udara. Simping yang bagus juga masih memiliki resiko hancur oleh cara penyimpanan yang kurang baik. Sebagian besar pembuat simping adalah para petani. 

Jaman dahulu simping hanya ada 1 rasa yaitu tawar. Tetapi sekarang banyak dijual keripik simping memiliki aneka rasa seperti kencur, strawberry, nangka, pandan, dan sebagainya. Sehingga simping lebih banyak diminati dan dijadikan oleh-oleh karena renyah, empuk dan enak.

Satu hal yang unik saat memakan simping yang biasa dilakukan anak-anak adalah meletakkan 2 lembar simping pada mulut dan menggerak-gerakannya seperti mulut bebek. Simping sebagai makanan khas Jawa Barat ini cukup aman dikonsumsi anak-anak karena tidak menggunakan bahan pengawet maupun penyedap rasa.