cemilan renyah

Suasana santai saat belajar, menonton televisi maupun piknik paling enak jika ditemani cemilan renyah dan minuman hangat kopi, teh atau wedang. Aneka cemilan renyah bisa kita dapatkan dengan membeli di supermarket, toko maupun pasar tradisional. Aneka cemilan renyah diantaranya keripik kentang, kerupuk dan aneka makanan tradisional. Tapi tahukah anda bahwa tidak semua cemilan renyah itu sehat. Cemilan renyah yang diproduksi massal oleh pabrik mengandung banyak mengandung bahan pengawet dan MSG. MSG diduga menjadi pemicu kanker dan mengkonsumsi makanan dengan bahan pengawet dapat menjadi penyebab hipertensi. Terus makan apa dong?

cemilan renyah kue noga
Indonesia memiliki banyak aneka cemilan renyah dimana setiap daerah memiliki banyak ciri khas masing-masing. Bahan-bahan aneka cemilan renyah ini menggunakan bahan baku yang alami dan dibuat dengan cara tradisional sehingga tidak menggunakan bahan pengawet. Aneka cemilan renyah ini antara lain opak ketan, rangginang, kue semprong, kue simping, noga, dan masih banyak lagi aneka cemilan renyah lainnya.

Aneka cemilan renyah tradisional menggunakan bahan-bahan alami yang berkkhasiat bagi kesehatan. Contohnya jahe untuk mencegah masuk angin, mengobati batuk, menghangatkan badan, memperlancar aliran darah.  Khasiat kayu manis mengatur kadar gula darah, mengurangi nyeri sitokin untuk nyeri rematik, mengatasi nyeri haid. Khasiat gula merah membuat tidur lebih rileks, mencegah anemia, mengandung antioksidan, dan lain-lain.